5 Kebiasaan Bayi Baru Lahir Yang Perlu Anda Ketahui

 

Kebiasaan Bayi Baru Lahir

Kebiasaan Bayi Baru Lahir - Setiap bayi yang baru lahir mempunyai kebiasaan yang berbeda beda, namu kebanyakan dari bayi yang baru lahir memiliki kebiasaan yang serupa. Dibawah ini merupakan 5 kebiasaan bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua:

Perilaku Bayi Baru Lahir


Tidur, makan, menangis. Itulah yang dimaksud dengan perilaku bayi baru lahir di bulan-bulan pertama.

Meskipun bayi Anda mungkin melakukan kontak mata dengan Anda, menangis mungkin adalah hal utama yang akan Anda perhatikan dari perilaku bayi Anda. Misalnya, bayi Anda akan menangis karena dia lapar, rewel, basah, dan tidak nyaman, atau bahkan hanya karena dia butuh pelukan. Dan terkadang bayi Anda akan menangis tanpa alasan yang jelas.

Bayi terlahir dengan temperamen yang sangat berbeda. Beberapa bayi bersikap santai dan tenang, dan yang lainnya tampak lebih intens. Beberapa tampak terus bergerak dan yang lainnya lebih tenang. Ada yang ceria di sebagian besar waktu dan ada yang lebih serius.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Baru Lahir Menangis Terus


Menangis adalah cara utama bagi bayi yang baru lahir untuk memberi tahu Anda apa yang dia butuhkan. Itu adalah suara yang dapat mendorong Anda untuk bertindak, bahkan saat Anda sedang tidur. Jika Anda seorang ibu menyusui, hal itu bisa memicu refleks Anda.

Puncak seaorang bayi menangis adalah sekitar 6-8 minggu. Periode tangisan yang intens untuk bayi yang baru lahir ini sulit, tetapi hal itu akan segera berlalu.

Bayi menangis dan mengeluh rata-rata hampir tiga jam sehari. Beberapa bayi menangis lebih lama. Kebanyakan dari tangisan dan keluhan ini tampaknya terjadi pada sore dan malam hari, meskipun setiap hari mungkin akan sedikit berbeda.

Seiring bertambahnya usia bayi, mereka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menangis. Menangis juga lebih mungkin terjadi sepanjang hari. Dan lebih mudah untuk memahami apa yang dibutuhkan bayi saat mereka menangis.

Menangis sering kali merupakan tanda bahwa bayi Anda lelah atau terlalu terstimulasi. Tetapi bayi baru lahir juga memiliki tanda-tanda kelelahan lainnya. Misalnya, bayi yang baru lahir mungkin menarik telinganya atau menghisap jari saat lelah.

Pahami Dan Tanggapi Perilaku Bayi Baru Lahir


Bayi Anda yang baru lahir akan melihat seperti apa dunia ini. Cara Anda menanggapi perilaku bayi Anda, terutama menangis, memberi tahu Anda banyak hal tentang dunia.

Misalnya, bayi Anda mungkin menyadari bahwa ketika dia menangis, seseorang datang untuk memberikan apa yang dia butuhkan. Ini bisa berupa ganti popok, makan, atau pelukan. Jika itu terjadi, bayi akan belajar bahwa dunia adalah tempat yang indah.

Jika Anda merespons dengan cepat untuk menenangkan bayi baru lahir yang menangis, bayi Anda mungkin akan lebih jarang menangis. Tidak apa-apa untuk menggendong bayi Anda yang baru lahir saat dia menangis. Bantu bayi Anda merasa aman dan ketahuilah bahwa Anda sudah dekat.

Anda tidak harus selalu memanjakan bayi yang baru lahir. Jika bayi Anda menangis, itu karena dia membutuhkan Anda untuk menghiburnya. Dengan menanggapi secara tenang dan konsisten, Anda akan membantu bayi Anda belajar bahwa dunia adalah tempat yang aman dan dapat diprediksi.

Tips Menangani Tangisan Bayi Baru Lahir


Jika bayi Anda banyak menangis, itu bisa membuat frustasi, kesal, dan kewalahan. Tidak apa-apa meluangkan waktu sampai Anda merasa lebih tenang. Letakkan bayi Anda di tempat yang aman, seperti tempat tidur bayi, atau minta orang lain menggendongnya untuk sementara waktu.

Ide-ide ini dapat membantu Anda dan bayi Anda:

  • Kurangi stimulasi di sekitar bayi Anda. Misalnya, cobalah duduk bersama bayi Anda di ruangan yang tenang dan remang-remang.
  • Bedong bayi Anda. Ini dapat membantu bayi Anda merasa aman.
  • Nyanyikan melodi yang lembut dan menenangkan. Bayi Anda mengetahui suara Anda dan lebih memilihnya daripada suara lainnya.
  • Baringkan bayi Anda miring di box bayi dan tepuk-tepuk punggungnya secara teratur. Telentangkan bayi dengan lembut jika dia tertidur.
  • Ajak bayi Anda naik kereta dorong atau di gendongan. Gerakan terkadang bisa membuat rileks.
  • Coba putar kipas atau radio yang disetel dengan suara statis. Ini bisa membantu menenangkan bayi Anda.

Kolik terjadi ketika bayi menangis tanpa alasan yang jelas dan hampir tidak mungkin untuk menenangkan diri. Jika Anda merasa bayi Anda kolik, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter anak untuk mengetahui penyebab medis menangis.

Kapan Waktu Yang Tepat Mencari Bantuan Untuk Perilaku Bayi Baru Lahir


Mengatasi tangisan menjadi lebih mudah saat bayi baru lahir belajar lebih banyak tentang dunia dan berkembang dengan memberi tahu apa yang dia butuhkan. Selain itu, lebih mudah untuk memahami sinyal dan bahasa tubuh bayi Anda.

Tidak ada yang tahu bayi Anda lebih baik daripada Anda, jadi jika Anda khawatir tentang tangisan bayi Anda, bicarakan dengan dokter umum atau perawat kesehatan anak dan keluarga Anda.

Semua anak memiliki hak untuk aman dan dilindungi. Mintalah bantuan jika Anda merasa tidak dapat mengatasinya atau anak Anda dapat terluka.

Key Point

  • Kebanyakan perilaku bayi baru lahir adalah tidur, makan, dan menangis.
  • Menanggapi bayi yang baru lahir saat menangis membantu mereka merasa aman dan baik untuk perkembangannya.
  • Kolik terjadi ketika bayi banyak menangis dan sulit untuk merasa nyaman.
  • Jika Anda mengkhawatirkan tangisan bayi baru lahir atau merasa tidak bisa mengatasinya, carilah bantuan profesional.

Referensi

Berk, L.E. (2013). Child development (9th edn). Boston, MA: Pearson.

Camilleri, M., Park, S.-Y., Scarpato, E., & Staiano, A. (2017). Exploring hypotheses and rationale for causes of infantile colic. Neurogastroenterology & Motility, 29(2). doi: 10.1111/nmo.12943.

Cook, F., Mensah, F., Bayer, J.K., & Hiscock, H. (2018). Prevalence, comorbidity and factors associated with sleeping, crying and feeding problems at 1 month of age: A community‐based survey. Journal of Paediatrics and Child Health, 55(6), 644-651. doi: 10.1111/jpc.14262.

Hiscock, H., Cook, F., Bayer, J., Le, H.N.D., Mensah, F., Cann, W., Symon, B., & St James-Roberts, I. (2014). Preventing early infant sleep and crying problems and postnatal depression: A randomized trial. Pediatrics, 133(2): e346-354. doi: 10.1542/peds.2013-1886.

Sezici, E., & Yegit, D. (2018). Comparison between swinging and playing of white noise among colicky babies: A paired randomized controlled trial. Journal of Clinical Nursing, 27(3-4), 593-600. doi: 10.1111/jocn.13928.

Wolke, D., Bilgin, A., & Samara, M. (2017). Systematic review and meta-analysis: Fussing and crying durations and prevalence of colic in infants. Journal of Pediatrics, 185, 55-61. e4. doi: 10.1016/j.jpeds.2017.02.020.

Update Terakhir
14-05-2021
LihatTutupKomentar