Peranan Ibu Dalam Keluarga

Peranan Ibu Dalam Keluarga - Ibu merupakan salah satu sosok paling penting yang ada dalam keluarga. Oleh karena itu, sosok ibu selalu dicintai dan wajib diapresiasi karena tentu bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang ibu. Ibu juga ikut andil untuk menciptakan keluarga yang bahagia, sama seperti anggota keluarga lainnya. Ada beberapa peranan ibu dalam rumah tangga yang mesti dijalankan dengan baik.

Peranan Ibu Dalam Keluarga
Peranan Ibu Dalam Keluarga


Beberapa Peranan Penting Seorang Ibu


Ada begitu banyak peran ibu dalam rumah tangga. Berikut ini hanya segelintir peran ibu yang sangat penting untuk membangun keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang.


1. Manager Yang Mengatur Rumah Tangga

Jika dalam sebuah keluarga, seorang ayah memiliki peran untuk mencari nafkah, maka ibu bertugas mengatur keuangan dan keperluan rumah. Penghasilan yang diperoleh ayah, nantinya diberikan kepada ibu sebagian atau seluruhnya untuk membeli keperluan rumah tangga. Melalui uang tersebut, ibu dapat membeli barang-barang keperluan seperti peralatan dapur, bahan makanan, uang jajan anak dan sebagainya. Sebagai manager keuangan, seorang ibu tentu harus pintar dalam mengelola pengeluaran. Hal ini dilakukan agar jumlah pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang ada dan dapat disisihkan untuk hal lainnya misal tabungan atau investasi.


2. Melindungi Keluarga

Walaupun ayah biasanya lebih tegas, bukan berarti ayah adalah satu-satunya sosok penting yang melindungi keluarga. Ibu yang berhati lembut juga dapat ikut andil untuk ikut melindungi anggota keluarga termasuk dirinya sendiri. Contohnya, jika ada orang lain yang menyakiti anak atau suaminya, ibu tentu dapat memberikan pembelaan yang semestinya. Perlindungan lain yang dapat dilakukan seorang ibu juga yaitu merawat anggota keluarga yang sedang sakit. Hal-hal seperti itu juga merupakan sebuah bentuk perlindungan terhadap keluarga sehingga anggota keluarga merasa aman dan nyaman.


3. Mendidik Anak-Anak

Seperti yang banyak disinggung, lingkungan pendidikan utama bagi anak-anak merupakan lingkungan keluarga. Dan sosok pengajar paling penting bagi anak adalah seorang ibu yang dikenal sebagai madrasah utama. Sebab itu, menjadi ibu berarti harus terus belajar menjadi pribadi yang baik agar dapat memberi contoh pada anak-anaknya. Di dalam keluarga, ibu bisa mengajarkan apa saja kepada anak termasuk pendidikan akademis maupun mengenai perilaku dan norma-norma yang ada. Dengan demikian, anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, tanggap dan juga bijaksana.


4. Mengurus Pekerjaan Rumah

Bagi seorang ibu yang tinggal di rumah, pekerjaan rumah tentu menjadi tugas utama karena ayah bekerja di luar. Namun begitu, ibu berhak mendapatkan bantuan dari ayah, anak-anak maupun asisten rumah tangga agar pekerjaannya terasa lebih ringan dan cepat selesai. Karena pekerjaan rumah sangat banyak, seorang ibu harus pintar dalam mengatur waktu agar pekerjaan tidak menumpuk. Oleh sebab itu seorang ibu wajib diapresiasi dan dihormati karena mengerjakan pekerjaan rumah bukan hal yang mudah. Belum lagi tugas ibu untuk mengurus keperluan lain seperti merawat anak dan suami, dan lain sebagainya.


5. Teman Yang Baik

Karena cenderung memiliki hati dan perasaan yang lembut, salah satu peran ibu dalam keluarga adalah menjadi sosok teman yang baik. Saat ada masalah, anak-anak dan suami dapat menceritakan dan meminta solusi kepada ibu. Biasanya ibu akan memberikan solusi sekaligus meredam emosi sehingga anggota keluarga lainnya akan merasa lebih tenang. Sama seperti layaknya teman, ibu dapat diajak berbicara dari hati ke hati dan memahami perasaan lawan bicaranya. Di dalam keluarga, bisa dibilang peran ibu sama seperti psikolog yang memberikan nasehat dan solusi untuk segala masalah.


Bagaimana menurut Anda? Menjadi seorang ibu sungguh tidak mudah kan? Kelima peran di atas hanya merupakan sebagian kecil dari banyaknya peranan ibu dalam keluarga lho. Oleh karena itu, jangan lupa hormati seorang ibu ya.



Source:  Teh Sariwangi

             Dosen Psikologi

LihatTutupKomentar