Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli - Ada banyak pengertian tentang keluarga. Salah satunya yang banyak diketahui yaitu keluarga adalah suatu unit terkecil yang ada di tengah masyarakat. Unit ini terdiri dari beberapa anggota yang umumnya terikat hubungan darah.


Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli
Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli


Namun tahukah Anda pengertian keluarga menurut para ahli?. Pada artikel kali ini akan membahas pengertian keluarga yang sudah disebutkan oleh  beberapa ahli yang bisa Anda ketahui.

Beberapa Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dan penasaran dengan macam-macam pengertian keluarga? Yuk, terus simak pembahasan berikut ini hingga akhir tulisan ini ya.

Pengertian Keluarga Menurut Bergess (1962)

Menurut Bergess, keluarga merupakan sekumpulan orang yang tinggal dalam satu atap. Orang-orang ini tinggal bersama karena didasari oleh hubungan pernikahan, keturunan, hubungan darah maupun hasil adopsi. Anggota-anggota keluarga yang tinggal bersama ini melakukan komunikasi dalam peran sosial. Mereka juga memiliki suatu kebiasaan, adat atau kebudayaan yang sama dengan masyarakat sekitarnya. Namun, terkadang kebiasaan yang dimiliki suatu keluarga juga bisa lebih unik dari keluarga lainnya di lingkungan yang sama.

Pengertian Keluarga Menurut Friedman (1998)

Pengertian keluarga selanjutnya dikemukakan oleh salah satu ahli yaitu Friedman pada tahun 1998. Menurut Friedman, keluarga merupakan sekumpulan orang yang dihubungkan oleh sistem perkawinan, kelahiran maupun adopsi. Tujuan adanya keluarga yakni untuk menciptakan maupun mempertahankan suatu kebudayaan yang ada pada masyarakat tersebut. Tujuan lain yaitu juga untuk meningkatkan perkembangan mental, fisik, dan kemampuan sosial. Hal-hal tersebut dapat diperoleh dan dilihat dari pola interaksi yang saling membutuhkan antar individu di dalam keluarga.

Pengertian Keluarga Menurut Murray dan Zentner (1997)

Murray dan Zentner merupakan ahli berikutnya yang ikut memberikan pengertian mengenai keluarga. Mereka berpendapat, keluarga terdiri dari beberapa individu, dua atau lebih yang berikatan satu sama lain. Ikatan yang ada pada keluarga ini bisa berupa karena adanya perkawinan, hubungan darah atau adopsi. Yang jelas, individu-individu yang terkumpul dalam keluarga dan tinggal bersama ini memiliki simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Mereka umumnya memiliki tujuan yang sama, generasi penerus, saling mengerti dan juga mengasihi.

Pengertian Keluarga Menurut Stuart (1991)

Pada tahun 1991, salah satu ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu keluarga. Stuart berpikir bahwa keluarga merupakan unit suatu sistem yang terdiri dari beberapa orang. Orang-orang yang berhubungan ini bisa tinggal dalam satu tempat yang sama maupun juga berlainan. Keluarga tidak selalu harus memiliki anak atau keturunan, namun individu di dalamnya harus tetap selalu saling melengkapi Anggota keluarga harus mempertahankan fungsi keluarga untuk saling melindungi, memenuhi kebutuhan dan berkomunikasi satu sama lain.

Pengertian Keluarga Menurut Sayekti (1994)

Pengertian keluarga yang terakhir dikemukakan oleh seorang ahli bernama Sayekti pada tahun 1994. Menurut beliau, keluarga terbentuk karena adanya suatu ikatan yang disebut perkawinan. Perkawinan sendiri dilakukan oleh dua orang yang cukup umur atau dewasa dengan jenis kelamin yang berbeda. Keluarga juga bisa berupa suatu individu yang tinggal bersama keturunan mereka, atau individu lain yang masih terikat darah. Namun, ikatan darah dalam sebuah keluarga tidak selamanya terjadi, terkadang juga keluarga dapat dibangun dengan sebuah proses yang dinamakan adopsi.


Walaupun sepertinya pengertian keluarga terdengar sama saja, jika ditelaah lebih lanjut, setiap ahli memiliki pendapatnya masing-masing. Pendapat-pendapat ini masih saling bersinggungan walau ada beberapa poin yang lebih ditekankan. Nah, sekarang Anda sudah tahu pengertian keluarga menurut para ahli, bukan?. Menurut Anda sendiri bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat juga mengenai pengertian keluarga?



Source : Guru Pendidikan

              Seputar Pengetahuan


LihatTutupKomentar