Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Yang Wajib Dilaksanakan

Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Yang Wajib Dilaksanakan - Keluarga merupakan sebuah unit yang paling kecil yang ada pada masyarakat dimana orang-orang di dalamnya saling terikat. Dan keterikatan ini didasari oleh hubungan darah. Untuk membangun rumah tangga yang harmonis, setiap anggota keluarga tentunya memiliki tanggung jawab. Ada banyak tanggung jawab terhadap keluarga yang wajib dilaksanakan mulai dari hal kecil hingga besar.

Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Yang Wajib Dilaksanakan
 Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Yang Wajib Dilaksanakan


Tanggung jawab terhadap keluarga tentu akan berbeda dari tanggung jawab terhadap masyarakat. Karena hubungan seseorang dengan teman misalnya, berbeda dengan hubungannya dengan anggota keluarganya sendiri.


5 Tanggung Jawab Agar Keluarga Harmonis


Untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan dalam sebuah keluarga, berikut ini beberapa contoh tanggung jawab terhadap keluarga. Tanggung jawab berikut adalah hal yang perlu dilakukan semua anggota keluarga.


1. Menjaga Nama Baik Keluarga

Setiap keluarga tentu tidak ingin namanya tercoret dan dipermalukan di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, setiap anggota keluarga harus menjaga nama baik keluarganya agar tidak dikucilkan oleh orang lain. Menjaga nama baik keluarga bisa bermacam-macam, namun umumnya hal ini menyangkut dengan orang lain diluar anggota keluarga. Misalnya, anggota keluarga tidak boleh mencuri atau bertengkar dengan orang lain karena dapat berpengaruh pada nama baik keluarga.


2. Memelihara Kebersihan Lingkungan Rumah

Contoh tanggung jawab terhadap keluarga berikutnya yakni memelihara lingkungan rumah agar tetap bersih. Perilaku ini bukan hanya bentuk tanggung jawab pada keluarga, namun juga sikap tanggung jawab terhadap lingkungan. Menjaga kebersihan bukan hanya tugas asisten rumah tangga maupun ibu seorang melainkan seluruh anggota keluarga. Dengan lingkungan rumah yang dijaga kebersihannya, tempat tinggal akan terasa nyaman. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan setiap anggota keluarga akan terhindar dari penyakit akibat kotoran dan sampah.


3. Saling Menyayangi, Menghargai dan Menghormati

Terbangunnya keluarga yang harmonis pasti didasari oleh rasa sayang dan hormat satu sama lain. Dengan kasih sayang, anggota keluarga bisa saling mengerti satu sama lain dan menghindari pertikaian. Begitu pula halnya dengan saling menghargai dan menghormati. Tanggung jawab ini tidak hanya wajib dilakukan oleh anak terhadap orang tua. Tidak juga hanya dilakukan istri kepada suami. Saling menghargai dan menghormati adalah kewajiban semua anggota keluarga satu sama lain. Ada 3 kalimat sederhana yang mendasari hubungan ini, yaitu “minta tolong”, “minta maaf” dan juga “terimakasih”.


4. Bertingkah Laku Sesuai Norma

Tidak hanya di tengah masyarakat, menaati norma-norma yang berlaku harus dimulai di dalam keluarga. Nyatanya, keluarga merupakan lingkungan pertama dimana seseorang mulai belajar dan menerapkan norma-norma yang berlaku. Ada 4 norma yang harus ditaati setiap orang yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan dan norma hukum. Biasanya, orang tua yang memiliki peran untuk menanamkan dan mengajarkan anak-anaknya untuk menaati norma-norma tersebut. Dengan memahami dan menaati norma, anggota keluarga akan menjaga sikap baik di dalam maupun di luar rumah.


5. Mematuhi Aturan yang Sudah Disepakati

Walaupun sebagian besar pekerjaan dalam rumah mesti dilakukan bersama-sama, ada beberapa tugas yang bisa dibagi. Hal ini dilakukan tentu dengan tujuan agar pekerjaan lebih efektif, cepat selesai dan juga hemat tenaga. Contoh kecilnya adalah, ibu mendapat bagian membersihkan rumah, ayah bertugas mencuci piring dan baju, dan anak menyiram tanaman. Ada juga pembagian tugas lainnya, misalnya, ayah harus bekerja untuk mencari nafkah, ibu yang kebetulan tidak bekerja harus mengurus rumah, dan sebaliknya. Contoh aturan lain yaitu anak-anak harus langsung pulang usai sekolah dan memberi kabar jika harus pulang telat. Dengan adanya aturan seperti ini, pekerjaan pasti lebih cepat selesai dan pembagian tugas adil bagi seluruh anggota keluarga.


Itulah beberapa tanggung jawab terhadap keluarga yang wajib dilaksanakan oleh tiap-tiap anggota keluarga. Tanggung jawab tersebut dilimpahkan untuk menciptakan rumah tangga yang tentram dan bahagia.


Source : Kompas



LihatTutupKomentar