Peran Anak Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui

Peran Anak Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui - Dalam keluarga, keberadaan anak sangatlah penting untuk membangun kehidupan rumah tangga yang ideal dan harmonis. Salah satu hak anak dalam keluarga yakni mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua dan anggota keluarga lainnya. Namun, untuk membangun keluarga yang harmonis, tidak hanya peranan orang tua yang penting melainkan anak juga. Ada beberapa peran anak dalam keluarga yang wajib diketahui dan dilaksanakan.

Peran Anak Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui
Peran Anak Dalam Keluarga Yang Wajib Diketahui 


Tugas dan Peran Anak Yang Harus Dilaksanakan


Pada penjelasan di bawah ini akan dibahas beberapa peran yang tugas anak dalam keluarga. Peran-peran berikut sifatnya wajib dilakukan agar tercipta keluarga yang harmonis dan juga bahagia


1. Taat Pada Orang Tua

Di dalam keluarga pasti ada peraturan-peraturan yang dibuat untuk setiap anggotanya guna menjalani hidup yang lebih tertib. Umumnya, peraturan-peraturan ini dibuat oleh orang tua selaku orang dewasa yang lebih paham akan banyak hal. Untuk mendidik anak-anak, orang tua menanamkan pelajaran-pelajaran penting yang harus dimengerti dan dilaksanakan oleh orang tua. Tidak jarang orang tua juga melarang anak-anak mereka melakukan suatu hal yang tidak baik dan berbahaya. Nah, anak-anak harus taat dengan peraturan yang diberlakukan oleh orang tua mereka agar tidak terjerumus hal-hal yang kurang baik.


2. Menghormati Yang Lebih Tua

Tidak hanya mematuhi aturan, salah satu peran utama anak dalam keluarga tidak lain adalah menghormati orang yang lebih tua, khususnya ayah da ibu. Patuh pada aturan juga merupakan sikap hormat yang ditunjukkan anak kepada orang tuanya. Selain itu, bentuk lain dari menunjukkan rasa hormat bisa melalui cara bicara yang sopan dan halus kepada orang tua. Selain itu, anak juga tidak boleh berbohong. Selain dosa, berbohong merupakan sikap tidak hormat. Dan yang tidak kalah penting, mendengarkan dan mengindahkan nasehat orang tua juga merupakan sikap menghormati yang wajib dilaksanakan.


3. Belajar Dengan Giat

Belajar dengan rajin dan giat juga merupakan salah satu peranan anak yang harus dilakukan dalam keluarga. Tidak hanya di rumah, belajar juga merupakan tugas anak di sekolah sebagai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Tujuan belajar tidak lain adalah untuk menuntut ilmu baik secara akademis maupun non-akademis. Apabila seorang anak melaksanakan perannya lewat belajar dengan tekun, kelak anak tersebut dapat menjadi seseorang yang bermartabat. Belajar juga dapat membuat anak menjadi orang yang sukses dan berguna di masa depan sehingga dapat membanggakan kedua orang tua.


4. Membantu Pekerjaan Rumah

Siapa bilang melakukan pekerjaan rumah hanya tugas asisten rumah tangga atau ibu saja? Pekerjaan rumah juga wajib dilakukan oleh semua anggota keluarga termasuk ayah dan anak-anak. Hal ini dilakukan agar setiap individu khususnya anak-anak dapat hidup lebih mandiri dan bijaksana. Pekerjaan rumah yang bisa dilakukan anak-anak bermacam-macam, mulai dari menyapu, merapikan ruangan, mencuci piring dan sebagainya. Dengan bantuan anak, pekerjaan rumah akan lebih cepat selesai dan hemat tenaga.


5. Menjaga Nama Baik Orang Tua

Peran anak yang dilakukan dalam keluarga berikutnya adalah menjaga nama baik keluarga dan orang tua. Hal ini harus dilakukan agar seluruh anggota keluarga tidak dikucilkan di tengah-tengah masyarakat. Ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan anak-anak demi menjaga nama baik keluarga dan orang tua. Anak-anak harus menaati norma-norma yang berlaku baik di dalam maupun di luar rumah. Misalnya, pandai memilih teman baik agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, dan masih banyak lagi.


Itulah beberapa peran anak dalam keluarga yang wajib diketahui dan harus dilakukan agar tercipta keluarga yang bahagia. Bagaimana dengan kamu? sudahkah kamu menjalani tugas-tugas di atas? 


Source : Pop Mama

             The Asian Parent

             Dosen Sosiologi





LihatTutupKomentar