Inilah Cara Memuji Prestasi Anak Yang Benar dan Tepat

Cara Memuji Anak Yang Benar
Cara Memuju Anak Yang Benar

Cara Memuji Anak Yang Benar. Artikel kali ini akan memberi Anda beberapa informasi bermanfaat yang dapat membantu Anda mengakui pencapaian dan kekhawatiran anak Anda. Ini akan bertindak sebagai panduan Anda, jadi perhatikan baik-baik dan pastikan untuk menyimpan semua informasi karena ini pasti akan membantu anak Anda menjadi orang yang percaya diri.

 

Peran orang tua dalam memuji prestasi anak mereka serta memahami ketakutan anak adalah dua topik yang akan kita bahas dalam artikel ini. Penting bagi orang tua untuk memahami bahwa keduanya sama pentingnya dalam proses menanamkan kepercayaan diri pada anak mereka.


Kita akan melihat pentingnya dan metode memuji prestasi anak terlebih dahulu.


Cara Tepat Memuji Prestasi Anak

Cara Tepat Memuji Prestasi Anak
Cara Tepat Memuji Prestasi Anak

Memuji prestasi anak Anda, betapapun kecilnya pencapaian itu bagi Anda, sangat penting dalam membangun kepercayaan diri. Hal ini akan membuat anak Anda merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan juga menciptakan rasa percaya diri karena dia akan merasa seolah-olah terus melakukan hal-hal yang membuat Anda terkesan.


Nyatanya, memuji pencapaian anak Anda dapat membawa hasil yang lebih positif daripada terus-menerus menunjukkan hal-hal negatif yang mungkin dilakukan anak Anda. Ini tidak mengherankan karena selalu menunjukkan hal yang salah yang dilakukan seorang anak membuatnya merasa seolah-olah dia tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar. Di sisi lain, selalu memuji prestasi anak Anda dan tidak membicarakan kesalahan yang dilakukannya juga akan berdampak negatif. Ini karena anak akan merasa seolah-olah dia tidak bisa berbuat salah. Penting untuk menemukan keseimbangan yang sehat antara menunjukkan kesalahan dan memuji pencapaian.


Saat memuji prestasi anak Anda, Anda harus berhati-hati untuk memanjakan mereka atau memperlakukan mereka secara berlebihan. Jika Anda menawarkan hadiah besar kepada anak Anda setiap kali dia menyelesaikan tugas kecil, dia secara alami akan mulai percaya bahwa ini akan terjadi setiap kali dia melakukan sesuatu. Hal ini dapat menyebabkan perilaku negatif ketika hadiah dihentikan karena anak akan bingung mengapa dia tidak menerima hadiah untuk tugas tertentu. Dianjurkan untuk memberikan reward untuk pencapaian yang lebih besar. Ketika sampai pada pencapaian kecil, pengakuan verbal atau tepukan balik sudah cukup.


Pahami Ketakutan Anak Anda

Pahami Ketakutan Anak Anda
Pahami Ketakutan Anak Anda

Memahami ketakutan anak Anda juga berperan besar dalam mengembangkan kepercayaan diri anak Anda. Anda mungkin bertanya, bagaimana rasa takut bisa membuat anak saya lebih percaya diri? Jawabannya adalah fakta bahwa mengatasi rasa takut dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Saat Anda mencoba mengatasi rasa takut, penting bagi Anda untuk memahaminya terlebih dahulu.


Anda tidak ingin mempersiapkan anak Anda untuk kegagalan. Beberapa hal yang mungkin mereka takuti bisa jadi sangat sulit bagi mereka. Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat mencoba membangun kepercayaan diri seorang anak adalah menempatkannya pada posisi yang tidak akan dia menangkan. Anda perlu berbicara dengan anak Anda, mencari tahu apa yang dia takuti untuk coba, dan tentukan apakah boleh mendorong anak Anda untuk menghadapi ketakutan tersebut.


Setelah Anda memahami ketakutan anak Anda dan mengidentifikasi potensi konsekuensi negatif dan positif dari menghadapi ketakutan tersebut, Anda dapat membuat keputusan untuk memotivasi anak Anda untuk menghadapi ketakutan tersebut. Mungkin salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri mereka adalah menyelesaikan tugas yang ditakuti anak gagal. Ini karena proses ini menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dapat melakukan sesuatu, tidak peduli seberapa kuat atau takutnya mereka, jika mereka memusatkan pikiran pada hal itu.


Penting agar Anda tidak memaksa anak Anda untuk menghadapi banyak ketakutannya. Mendorong anak Anda terlalu keras dapat memberikan hasil yang sama sekali berbeda dari yang Anda inginkan. Ini mungkin membuat anak cemas yang mungkin akan berpengaruh pada sisa hidupnya. Ini sebenarnya menurunkan rasa percaya diri mereka karena kecemasan dapat menghalangi mereka untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas lain yang dapat mereka lakukan dengan mudah di beberapa titik.

LihatTutupKomentar